previous arrow
next arrow
Slider

Pengumuman

Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional Tahun 2021

LOMBA RESENSI BUKU TINGKAT NASIONALTAHUN 2021 A. Syarat dan Ketentuan Peserta...

Rekrutmen Sahabat Perpustakaan Periode I

Perpustakaan IAIN Pekalongan membuka rekruitmen Sahabat Perpustakaan untuk menjadi bagian...

Survei Kebutuhan Pemustaka

Kepada seluruh sivitas akademika Institut Agama Islam Negeri Pekalongan dimohon...

Lomba Menulis Resensi Tingkat Nasional 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb Dalam rangka meningkatkan minat baca dan memeriahkan Perpustakaaan...

Jadwal Layanan Perpustakaan IAIN Pekalongan Per Agustus 2018

Jadwal Layanan Perpustakaan IAIN Pekalongan Per Agustus 2018

WILEY Online Library

Assalamu'alaikum Sobat Perpustakaan yang berbahagia. Salam Literasi!!Ada yang akan hadir...

Juknis Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional 2019

Ketentuan Lomba Resensi Buku Tingkat Nasional Perpustakaan IAIN Pekalongan Tahun 2019 TEMA:...

Pengumuman Hasil Lomba Resensi Tahun 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb Bahwa berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri Lomba Resensi...

Pameran Buku Virtual Perpustakaan IAIN Pekalongan Tahun 2021

Perpustakaan IAIN Pekalongan menyelenggarakan acara pameran buku secara daring melalui zoom meeting untuk mempromosikan koleksi buku baru tahun 2021.
Acara Pameran Buku Virtual Perpustakaan IAIN Pekalongan tahun 2021 merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh Perpustakaan IAIN Pekalongan sebagai upaya meningkatkan

fungsi perpustakaan dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan tujuan untuk mempromosikan koleksi, baik cetak maupun digital, mempromosikan layanan pemanfaatan koleksi, serta mempromosikan layanan penelusuran informasi yang ada di Perpustakaan IAIN Pekalongan. Acara tersebut diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting pada hari Selasa, 21 Desember 2021 selama kurang lebih 2 jam. Acara dimulai pada pukul 09.00  s.d. 11.00 WIB dan dihadiri sekitar 32 peserta dari kalangan civitas akademika IAIN Pekalongan.
Kepala Perpustakaan, Ibu Hj. Junaeti S.Sos, M.M, menyampaikan sambutan di awal acara, kemudian dilanjutkan dengan penayangan video profil Perpustakaan IAIN Pekalongan. Acara pemaparan koleksi buku baru tahun 2021 menjadi acara inti dari kegiatan secara virtual tersebut. Selaku pengisi acara, Ibu Khusnu Asirah dan Bapak Ridho Aji Anggana, yang merupakan staff perpustakaan di bagian layanan pemustaka, mempromosikan koleksi buku baru tahun 2021 baik dalam bentuk cetak maupun digital.
Koleksi buku baru Perpustakaan IAIN Pekalongan tahun 2021 dalam bentuk cetak yaitu sebanyak 307 eksemplar yang terdiri dari 90 jenis judul, sedangkan koleksi dalam bentuk digital yaitu sebanyak 579 eksemplar yang terdiri dari 300 jenis judul. Koleksi tersebut dapat diakses oleh pemustaka secara langsung dengan berkunjung ke Perpustakaan IAIN Pekalongan dan juga secara online melalui aplikasi Digibook IAIN Pekalongan. Adapun koleksi yang dipaparkan saat acara virtual tersebut terbatas hanya 15 eksemplar koleksi cetak dan 10 eksemplar koleksi digital. Selain itu, Bapak Ridho Aji Anggana sebagai salah satu pengisi acara, juga menampilkan cara menggunakan aplikasi Digibook IAIN Pekalongan, termasuk cara pembuatan akun Digibook. Digibook merupakan layanan digital Perpustakaan IAIN Pekalongan yang memungkinkan pemustaka mengakses koleksi buku digital secara online. Aplikasi digital tersebut dapat didownload melalui menu playstore dengan pilihan 2 versi, yaitu versi windows dan versi android.
Acara pameran buku virtual ditutup dengan sesi question and answer seputar materi yang telah dipaparkan dengan kata kunci “Peserta bertanya, pemateri menjawab atau pemateri bertanya, peserta menjawab.” Dalam sesi tanya jawab tersebut tercatat 8 orang penanya yang beruntung mendapatkan doorprize dari Perpustakaan IAIN Pekalongan. Pertanyaan yang diajukan antara lain tentang keilmuan perpustakaan, pengembangan koleksi, dan pemanfaatan layanan Digibook.
Acara pameran buku merupakan salah satu jenis kegiatan promosi yang patut untuk dilaksanakan. Banyaknya saran dan dukungan yang masuk dari para peserta menunjukkan bahwa kegiatan ini perlu dikembangkan agar lebih baik lagi di waktu yang akan datang. Dukungan para pemustaka, khususnya civitas akademika, terhadap Perpustakaan IAIN Pekalongan dengan selalu memanfatkaan fasilitas dan layanannya dapat membantu perpustakaan untuk terus berproses menjadi perpustakaan yang terkemuka dan kompetitif dengan mengimplementasikan teknologi, pengembangan literatur, dan layanan sesuai Standar Nasional Perpustakaan pada 2036 sesuai dengan visi Perpustakaan IAIN Pekalongan.
 
     
   
 
         

Form Layanan Online
 

Pengunjung

Today20
This week639
This month2560
Total69691

2
Online

Koleksi

170000 +

Buku

3500 +

Tugas Akhir

1500 +

Referensi

20000 +

Dokumen Elektronik

Alamat

Jl. Kusuma Bangsa No.9 Pekalongan 51141

+62 (285) 412575

perpus@iainpekalongan.ac.id