Kegiatan Syuting Mahasiswa KPI di Perpustakaan IAIN Pekalongan

Perpustakaan memiliki banyak fungsi, tidak hanya sebagai tempat penyimpanan bahan koleksi atau sarana pembelajaran, namun juga memiliki fungsi rekreasi. Fungsi rekreasi yang dikembangkan di perpustakaan adalah bagaimana selain menyajikan informasi, juga menghadirkan efek refresh bagi pemustakanya. Perpustakaan IAIN Pekalongan terus berupaya mengembangkan konsep tata ruang perpustakaan agar memberikan kesan yang indah dan menarik sesuai dengan kebutuhan lingkungannya. Salah satunya terlihat pada ruang perpustakaan Lt. 3 dengan dekorasi yang penuh nuansa warna-warni, segar, dan unik, sehingga membuat

perasaan pemustaka yang berkunjung bisa lebih fresh

                   Kesan inilah yang menjadi alasan para mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) untuk menggunakan ruang perpustakaan Lt. 3 sebagai tempat produksi program acara Talkshow dalam rangka pembelajaran mata kuliah Penyutradaraan yang diampu oleh Ibu Afina Fahru Miliana, S.ST., M.A. Pada hari Rabu, tanggal 16 Juni 2021, Perpustakaan IAIN Pekalongan menjadi tempat produksi program acara tersebut, mengambil tempat di ruang BI Corner Perpustakaan Lt. 3. Sebelum memulai kegiatan, Ibu Afina memberikan arahan terlebih dahulu kepada para mahasiswa. Program acara Talkshow yang diproduksi secara tapping tersebut nantinya akan ditayangkan melalui kanal Youtube dengan nama stasiun KPI TV berdurasi antara 15 – 20 menit dalam 2 segmen. Sasarannya adalah seluruh masyarakat Indonesia di berbagai penjuru daerah dengan kategori usia 13+.

                   Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, para mahasiswa tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan dari pemerintah, dengan tetap menggunakan hand sanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak. Setelah kegiatan selesai, petugas perpustakaan akan melakukan penyemprotan dengan disinfektan untuk sterilisasi ruangan yang telah digunakan.

                   Perpustakaan sebagai sarana pendidikan tidak cukup jika hanya menyediakan gedung dan informasi saja, kemudian mengharapkan pemustaka menjadi tertarik untuk berkunjung. Kebutuhan pemustaka akan suasana perpustakaan itulah yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi perpustakaan untuk terus berupaya mengembangkan konsep dan tata ruang dengan harapan agar perpustakaan dapat berfungsi secara optimal.

 

Reporter  : Rizi Jawani
Editor       : Khusnu Asira
Redaktur : M. Nashrulloh

Alamat

Jl. Kusuma Bangsa No.9 Pekalongan 51141

+62 (285) 412575

perpus@iainpekalongan.ac.id