Perkuliahan Takhrij Hadits di Perpustakaan IAIN Pekalongan

Pandemi yang masih berlangsung di seluruh belahan dunia, berimbas pada semua sektor, termasuk pendidikan tinggi. Perkuliahan yang dahulu dilaksanakan secara tatap muka, sekarang dilakukan secara daring, termasuk

di IAIN Pekalongan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Perpustakaan IAIN Pekalongan sebagai penyedia sumber belajar. Di tengah keterbatasan yang ada, perpustakaan menyediakan koleksi dalam bentuk koleksi digital yang bisa diakses melalui aplikasi “Digibook” dan melayani pemesanan lewat google form, dimana pemustaka akan datang sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pengelola untuk mengambil pesanannya.

Tetapi ternyata ada beberapa mata kuliah praktek yang yang tidak bisa sepenuhnya hanya dilakukan melalui pertemuan online, sehingga perkuliahan dilakukan secara blended, dan membutuhkan literatur sebagai bahan prakteknya, seperti pada mata kuliah praktek penelusuran kitab Takhrij Hadits  yang diampu oleh Drs. H. A. Tubagus Surur, M.Ag. Koleksi hadits yang diperlukan sebagai bahan praktek tersebut tersedia di ruang referensi Perpustakaan IAIN Pekalongan. Berdasarkan hal tersebut, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan hand-sanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak, Perpustakaan memfasilitasi kegiatan perkuliahan tersebut, di ruang referensi dengan jumlah mahasiswa yang sesuai dengan kapasitas ruang referensi masa pandemi.

Pada hari Senin, 07 Juni 2021 dan 14 Juni 2021 serta hari Selasa, 15 Juni 2021 telah dilangsungkan perkuliahan praktik penelusuran kitab Takhrij Hadits tersebut di ruang Referensi perpustakaan Lt. 3. Perkuliahan yang dihadiri mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) tersebut, pada pelaksanaannya setiap harinya dibagi dalam 2 sesi dengan jumlah mahasiswa tidak lebih dari 30 mahasiswa sesuai kapasitas ruang referensi masa pandemi.  

Pada setiap akhir kegiatan perkuliahan praktik penelusuran kitab Takhrij Hadits, petugas perpustakaan melakukan penyemprotan disinfektan untuk sterilisasi ruangan dan koleksi yang sudah digunakan.

Perpustakaan sebagai learning center, di masa pandemi ini harus tetap mensuport kebutuhan sivitas akademika dalam proses belajar mengajar baik berupa fasilitas maupun literatur sebagai bahan rujukan maupun akses penelusuran secara online.dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Reporter  : Rizi Jawani, Khusnu Asira
Editor       : Junaeti
Redaktur : M. Nashrulloh

 

Alamat

Jl. Kusuma Bangsa No.9 Pekalongan 51141

+62 (285) 412575

perpus@iainpekalongan.ac.id