Literasi Informasi untuk mahasiswa S2 IAIN Pekalongan

Literasi Informasi untuk mahasiswa S2 IAIN Pekalongan

 

Perpustakaan IAIN Pekalongan, menyelenggarakan  kegiatan user education bagi mahasiswa baru IAIN Pekalongan tahun 2020. Berbeda dengan pelaksanaan user education untuk mahasiswa baru S-1,

kegiatan user education untuk mahasiswa baru S-2 dilaksanakan secara luring dengan jumlah mahasiswa setiap session terbatas untuk maksimal 15 orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan kondisi adaptasi baru. Pelaksanaan user education untuk mahasiswa baru S-2 dilaksanakan dari tanggal 21 -24 September 2020.

Materi user education bagi mahasiswa baru S-2 meliputi materi administrasi yang berkaitan dengan mahasiswa S-2 yang disampaikan oleh Ibu Fatonah, S.Kom, dan materi literasi informasi sumber-sumber literatur yang disampaikan oleh ibu Junaeti, S.Sos.

Materi literasi ini penting diberikan kepada mahasiswa baru, terutama mahasiswa baru S-2 dikarenakan dari awal perkuliahan mereka sudah langsung mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, sehingga perpustakaan membantu mahasiswa dengan sharing sumber-sumber informasi yang sekiranya dapat dijadikan sebagai rujukan atau sumber referensi dalam karya ilmiah mereka.

Literasi informasi berdasarkan American Library Assocation (ALA) tahun 2000 merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat menemukan informasi yang diperlukan, mengevaluasi dan memanfaatkan informasi itu secara tepat dan efektif. Diharapkan dengan adanya materi literasi informasi ini, mahasiswa baru, terutama mahasiswa S-2, tidak akan kesulitan dalam memilah informasi yang dibutuhkan, mencari dan menemukannya, mengevaluasi dan memanfaatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

by Junaeti

Alamat

Jl. Kusuma Bangsa No.9 Pekalongan 51141

+62 (285) 412575

perpus@iainpekalongan.ac.id